Komsos Babinsa Benjeng Bersama Pemuda Bangkitkan Semangat Lestarikan Budaya Hadrah

Diposting pada

Gresik-kodim0817gresik.com

Memberikan motifasi dan semangat kepada pemuda agar semangat mengisi kegiatan positif di desa binaan, Sertu Huda Babinsa Metatu Koramil 0817/10 Benjeng mengunjungi para pemuda warga binaan yang sedang latihan Hadrah bertempat di Balai Desa Metatu Kecamatan Benjeng. Minggu(3/12/2023).

Berdialog dengan H.Nurul pengasuh tim Hadrah mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk melestarikan kesenian budaya lokal turun temurun. Apalagi Kabupaten Gresik juga memiliki julukan sebagai kota santri, sangatlah miris sekali apabila budaya ini tidak dilestarikan.

“Kesenian hadrah merupakan nyanyian Islami atau shalawat yang diiringi dengan permainan beberapa alat musik terbang/ rebana atau ansambel. Musik terbang hadrah merupakan permainan musik terbang sederhana, baik pola pukulan dari masing-masing alat musik maupun lagunya,”terang H.Nurul.

Lebih lanjut, lagu-lagu terbang hadrah tidak selalu syairnya bershalawat tetapi ada juga syair lagu yang sifatnya memberi nasihat yang mudah dipahami.

“Alhamdulillah, sering hadirnya Babinsa dan ikut juga latihan Hadrah, menambah semangat Tim Hadrah dan menarik perhatian para pemuda yang lain sehingga mulai banyak yang antusias ikut bergabung latihan Hadrah di Balai Desa.”ucap H.Nurul.

Sebagai Babinsa harus selalu aktif melaksanakan kegiatan komsos diberbagai kegiatan masyarakat di wilayah binaan. Dalam hal ini, Babinsa Sertu Huda mengaku sangat mendukung penuh kegiatan masyarakat dalam melestarikan budaya lokal.

“Semoga dengan kegiatan Hadrah selain bertujuan melestarikan kesenian budaya juga dapat memperkuat silaturahmi masyarakat sehingga persatuan di wilayah binaan tetap terjaga.”pungkas Babinsa.(Pen0817).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *