Komsos Babinsa dengan Pengusaha Tempe untuk Meningkatkan Perekonomian di Wilayah.

Diposting pada

Gresik-kodim0817gresik.com

Kegiatan Komsos (Komunikasi Sosial) Serka Rasid Babinsa Koramil 0817/06 Manyar dengan Bapak Junaidi salah satu warga binaan yang memiliki usaha tempe di Desa Roomo Kecamatan Manyar Kabupaten Gresik. Selasa(23/11/2022).

Tempe adalah jenis makanan yang menjadi ciri khas negara Indonesia yang kini telah diketahui banyak orang di dunia. Tempe sendiri dibuat dengan bahan kedelai yang dijadikan bahan baku dalam proses pembuatannya. Cara pembuatannya menggunakan proses fermentasi dengan menggunakan ragi.

Banyak sekali manfaat tempe selain untuk kebutuhan pangan, kandungan protein yang tinggi dalam sebutir tempe memberikan manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh yang dipercaya dapat mencegah penyakit kanker payudara, mencegah penuaan, menurunkan kolesterol tubuh , mencegah pengeroposan tulang serta untuk mencegah anemia.

Saat bersama Babinsa, Bapak Junaidi selaku pengusaha tempe mengatakan bahwa usaha tempe cukup mudah untuk dikerjakan, dan tingkat permintaan di pasaran masih cukup tinggi.

“Untuk menghasilkan tempe sebaiknya menggunakan kedelai dengan kualitas baik dengan bentuk cirinya tidak kotor dan tidak busuk. Dalam pencucian kedelai, air yang digunakan harus bersih dan jernih serta proses kerjanya harus higienis agar tidak mengandung kuman dan tempe nantinya tidak cepat bau. Kemudian perlu diperhatikan juga ragi untuk proses fermentasi, ragi tempe dipastikan harus dengan masa aktif agar bisa jadi tempe, cirinya jika dilakukan dengan peremasan maka akan terbentuk butiran halus dan tidak menggumpal.”kata Bapak Junaidi kepada Babinsa.

“Dengan dibantu 5 orang pekerja, dalam sehari kurang lebih 100 kg kedelai kami habiskan sebagai bahan dalam membuat tempe dan untuk pemasaranya di Pasar wilayah Gresik.”ungkapnya.

Di lokasi yang sama, Serka Rasyid mengatakan,”Usaha tempe milik Bapak Junaidi mempunyai potensi besar untuk berkembang, saya menyarankan agar bisa berinovasi membuat produk makanan olahan dari bahan dasar tempe sehingga bisa membuka peluang tenaga kerja bagi masyarakat sekitar dan bisa meningkatkan perekonomian di wilayah.”pungkasnya.(Pen0817).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.