MENUJU GRESIK, PANGDAM V BRAWIJAYA BERSAMA KAPOLDA JATIM TINJAU ISOTER DAN PENANGANAN PASIEN COVID MENGGUNAKAN MOTOR.

GRESIK-Kodim0817gresik.com

Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI Suharyanto bersama Kapolda Jatim Irjen Pol Nico Afinta, didampingi pejabat utama Kodam V Brawijaya dan Polda Jatim, berkeliling menggunakan motor trail dari Makodam V/Brawijaya  menuju ke Gresik, untuk melakukan pengecekan penanganan pasien Covid-19. Serta melakukan patroli memantau tempat isolasi terpusat (isoter) dan posko PPKM yang ada di Kabupaten Gresik,Rabu(29/7/2021).

Tujuan pertama, Pangdam dan Kapolda menuju ke rumah sakit lapangan yang ada di Stadion Gelora Joko Samudro (Gejos), Kabupaten Gresik. setibanya Rombongan Pangdam V/Brawijaya langsung menuju ke dalam ruangan pemantauan pasien Covid-19 melalui CCTV Dengan didampingi Dandim 0817/Gresik, Letkol Inf Taufik Ismail, S. Sos. M.I. Pol, Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani, Kapolres AKBP Arief Fitrianto, serta Kadinkes Gresik drg Saifudin Ghozali.

Selanjutnya rombongan menuju ke lokasi kedua menuju Puskesmas Gending, Kecamatan Kebomas Pangdam mengecek kesiapan dan perlengkapan kesehatan yang ada di puskesmas. Guna memastikan penanganan covid-19 bisa lebih maksimal. selain itu himbauan disampaikan kepada kepada Kepala Desa/ Lurah, Bhabinkamtibmas dan Babinsa di Kelurahan Gending. Untuk menyamakan persepsi dalam penanganan Covid-19 dengan satu garis lurus dari atas hingga ke bawah. serta dalam pelaksanaan isoter dengan menerapkan 3T (testing), pelacakan (tracing), dan perawatan (treatment) untuk memastikan pelaksanakan sesuai alur yang ditentukan.

 

Tidak hanya memberikan himbauan, rombongan juga membagikan sembako kepada perwakilan warga masyarakat Desa Gending. Dalam hal ini Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI Suharyanto, menjelaskan, hari ini pihaknya bersama kapolda jatim melaksanakan pengecekan pelaksanaan isolasi terpusat di Gor Joko Samudro. Saat ini ada 65 pasien Covid-19 yang sedang dirawat, angka ini menurun dari angka sebelumnya yang mencapai 90 orang.

“Pemerintah Kabupaten Gresik sendiri juga sudah menyiapkan isolasi – isolasi terpusat di tingkat Kecamatan. Harapannya memudahkan pemantauan pasien yang isolasi terpusat, selain juga melakukan pengecekan di Posko PPKM Puskesmas, pihaknya juga melihat sejauh mana kegiatan di Posko PPKM. Petugas ini rata-rata sudah memahami dan mengerti akan tugasnya.”jelas Pangdam.

 

Ditambahkan pangdam, “Yang menonjol saat ini yakni soal tracing, gimana petugas puskesmas, Babinkantibmas, Babinsa maupun relawan masih mendalami aplikasi Silacak . nantinya pelaksanaan tracing tetap akan terus dilakukan, namun datanya dilaporkan secara manual dari puskesmas ke dinkes dengan menghimpun seluruh kabupaten gresik baru dilaporkan ke aplikasi silacak,” tambahnya.(Pen0817).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *