Dandim 0817 Gresik Nonton Bareng Film G30 S/PKI

Ratusan Warga Masyarakat Gresik, Elemen Organisasi,& kelompok Komunitas Mobil Antusias Nonton Film G30SPKI di Markas Kodim 0817 Gresik

Gresik (30/09) – Ratusan Masyarakat Gresik sangat antusias ikut acara Nonton Bareng (Nobar) film G 30 S/PKI, yang dilaksanakan hari Sabtu Malam. Kegiatan Nobar ini berlangsung acaranya di Lapangan Kodim 0817/Gresik Jl. RA. Kartini No. 33 Gresik.

Acara nonton film ini, yang telah sempat berhenti tayang pasca reformasi Tahun 1998. Dalam hal ini Kodim 0817/Gresik telah menggagas kembali acara Nobar Film G 30 S/PKI tersebut atas intruksi Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo. Bahkan kegiatan tersebut telah juga disambut antusias oleh para pemuda-pemudi yang tahun kelahirannya antara pada tahun 1995 s.d tahun 2000 atau disebut tahun Millenial, mereka sangat penasaran tentang Sejarah Pengkhianatan G 30 S/PKI.

Masyarakat setempat turut hadir berbaur bersama para pemuda beserta pelajar yang ada di Wilayah Binaan Kodim 0817/Gresuk yang dengan sangat seriusnya mengikuti alur cerita film tersebut hingga usai. Tidak hanya itu, telah tampak hadir Letkol Kav. Widodo Pujianto, SH selaku Dandim 0817 Gresik, Drs. KH. M Mansor Shodiq, M.Ag yang juga sebagai Ketua MUI Gresik dan Perwakilan Forpimda jajaran Kab. Gresik yang lainnya.

Sebelum acara Nobar Film Dokumenter Pengkhianatan G 30 S/PKI ditayangkan, Dandim 0817/Gresik Letkol Kav. Widodo Pujianto, SH. memberikan kata sambutan didepan para penonton dengan mengatakan, bahwa pada Tahun 1965 pernah terjadi tragedi G 30 S/PKI dengan tujuan utamanya yakni ingin mengubah ideologi Pancasila dengan faham Komunis.

Dandim 0817 Gresik juga mengimbau kepada para penonton dan pemuda-pemudi Millenial agar waspada dan tetap menjaga keutuhan NKRI. “Jangan sampai terulang lagi, PKI adalah Faham Komunis yang tidak mengenal agama, karena itu kita setiap tanggal 30 September telah mengkibarkan bendera Merah Putih setengah tiang sebagai bentuk duka dan belasungkawa,” pungkasnya.

Setelah sambutan Dandim 0817/Gresik terlihat nampak berbeda Nobar kali di Makodim 0817/Gresik ini terdapat pembagian Dorprize undian bagi para penonton yang dilanjutkan Nobar Film Pengkhianatan G 30 S/PKI yang ditunggu-tunggu mulai tadi akhirnya diputar bersama.

Dari sebagian besar diantara para pemuda pemudi kelahiran Milenial mengaku baru pertama kali menonton film yang menceritakan pemberontakan PKI dan tewasnya Tujuh Jenderal Pahlawan Revolusi tersebut.

Sekekali mereka juga berteriak histeris saat menyaksikan adegan penyiksaan terhadap para Jenderal yang dilakukan oleh orang-orang yang menamakan dirinya PKI dalam film tersebut.

Bagas, pelajar Kelas XII SMU 1 Manyar ini mengaku baru pertama kali menonton film G 30 S/PKI.
Setelah menyaksikan alur cerita dalam film tersebut Rizki mengaku terharu, terutama melihat kekejaman yang dilakukan gerombolan pasukan PKI terhadap para Jenderal yang disebut olehnya para Dewan Jenderal dalam adegan film ini.

“Iya, saya baru pertama kali menonton, seru sekaligus terharu melihatnya”, ungkapnya.

Pendapat senada juga disampaikan oleh Regita yang juga pelajar kelas XII SMU 1 Gresik Dia juga mengaku baru pertama kali menonton film tragedi Pengkhianatan G 30 S/PKI. “Saya juga belum pernah nonton, baru pertama kali ini, ternyata begini ceritanya,”.

Selama kegiatan Nobar di Makodim 0817/Gresik telah berlangsung aman sehingga memiliki arti nilai -nilai sejarah bahwa Ideolgi Pancasila sudah final bagi bangsa Indonesia, tidak bisa di ganti dengan Ideologi apapun dan mempunyai makna agar generasi penerus bangsa wajib belajar sejarah. (Pendim 0817/SD-RD).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *